Kota Banjarmasin dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri Direktorat Bina Pembangunan Daerah. Kegiatan yang dilaksanakan Tanggal 2-5 Agustus 2016 ini, mengusung tema “Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sumber Daya Air Untuk Mendukung Pencapaian Air, Ketahanan Pangan dan Ketahanan Energi”.

            Konsultasi Regional Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sumber Daya Air bertujuan untuk membangun komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta Stakehoders lainnya dalam pelaksanaan Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sumber Daya Air dan untuk merumuskan langkah-langkah strategis sebagai upaya mendukung terwujudnya pengelolaan Sumber Daya Air yang berdaya guna serta berkelanjutan.

            Kegiatan ini diawali dengan pembacaan sumpah kepada 10 orang perwakilan pemangku sungai (Stakeholders) oleh Walikota Banjarmasin. Dilanjutkan dengan penyematan pin dan pemasangan topi kepada perwakilan pemangku sungai. Dan diakhiri dengan pengucapan ikrar “ Mendukung Visi dan Misi Walikota Banjarmasin yang menjadikan Kota Banjarmasin sebagai Kota 1000 sungai terbaik se Indonesia dan Menjadikan sungai sebagai urat nadi perekonomian”. Pemangku sungai yang dilantik berjumlah 52 orang, terbagi atas 52 Kelurahan.

            Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya menyampaikan harapan semoga Konsultasi Regional Operasi dan Pemeliharaan Prasarana Sumber Daya Air Tahun 2016 dapat merumuskan, mendukung dan memprogramkan kegiatan Pemerintah Kota Banjarmasin ke Tingkat Pusat.

            Pada kesempatan ini Walikota Banjarmasin berjalan di Siring Tendean menuju Pasar Terapung diiringi kapal sapu-sapu Balai Wilayah Sungai Kalimantan 2.