Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 dan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-490. Dan merupakan Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin.
    Kejuaraan Tenis Walikota Cup Antar Pelajar se Kalimantan Tahun 2016 bertujuan yakni : Mengembangkan minat, bakat dan kemampuan atlit Tenis dalam bidang olahraga tenis. Mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar arlit Tenis di Kalimantan. Memotivasi atlit Tenis melalui kompetisi dengan harapan agar dapat meningkatkan prestasi yang lebih baik. Dan sebagai seleksi bagi atlit olahraga tenis agar dapat berkompetisi dan berprestasi ke jenjang yang lebih tinggi.
    Kejuaraan ini mempebutkan Tropy untuk juara I, II, III dan IV Single Putra dan Putri, Ganda Putra dan Putri serta Ganda Putra dan Putri (dibawah usia 12 tahun) dengan uang pembinaan total sebesar Rp. 61.000.000,-

Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan agar mengedepankan semangat sportivitas dan kejujuran selama bertanding. Sambutan diakhiri dengan pembukaan secara resmi Kejuaraan Tenis Walikota Cup Antar Pelajar se Kalimantan Tahun 2016 dan ditandai dengan pemukulan bola.