Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Gt. Aisyah Noor Khalisa (Juara I Golongan Anak-Anak MTQ ke-48 Tahun 2016).

            Dilanjutkan sambutan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, yang menyampaikan harapan semoga mempunyai semangat yang sama dalam memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan memberikan keberkahan. Peringatan Isra Mi’raj ini sesuai visi dan misi ingin menjadikan Banjarmasin Baiman, Barasih Wan Nyaman, memberikan pelayanan yang terbaik.

            Pada Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1437 H, Ir. Hb. Nabiel Al Musawa, M.Si menyampaikan tausiyahnya tentang kilas balik peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW terkait dengan tema Isra Mi’raj Sebagai Momentum Untuk Melakukan Perubahan Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin bahwa :

1.Dalam memulai pekerjaan dimulai dengan niat ikhlas. Hal dimaksudkan untuk menjaga kebersihan dalam amalan. Dengan niat yang baik akan memberikan hasil/kualitas yang optimal.

2.Yang diperjalankan adalah Hamba Allah SWT. Pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan keberkahan dikemudian hari. Keluarnya perintah Shalat ditujukan untuk orang-orang beriman, dimana waktunya sudah ditentukan. Hal ini dimaksudkan agar pegawai wajib menghargai waktu.

3.Kiblat umat muslim. Dimaksudkan adanya kesatuan tujuan. Memperbaiki yang belum baik dan melanjutkan yang sudah baik.

            Acara Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1437 H di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin diakhiri dengan pembacaan doa.