Kewajiban Pemerintah untuk memberikan penghidupan yang layak bagi wara negaranya tertera pada UUD 1945 Pasal 27 Ayat 2 menyatakan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”.

      Lowongan kerja yang tersedia tidak mampu menyerap jumlah tenaga kerja yang ada, karena ketidakseimbangan antara pertumbuhan angkatan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan kesempatan kerja.

        Penempatan Tenaga Kerja adalah proses pelayanan kepada pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan dan pemberi kerja dalam pengisian lowongan kerja sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan. Guna mewujudkan  pelayanan pasar kerja yang dinamis serta optimal, dikembangkan pelayanan informasi pasar kerja yang dinamis dan aktual.

            Untuk mengoptimalisasikan pelayanan kepada para pencari kerja dibangunlah aplikasi informasi pasar kerja secara online melalui bursa kerja khusus (BKK) SMKN 5 Banjarmasin.

      Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasi dengan dibangunnya aplikasi informasi pasar kerja secara online. Dan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pencari kerja dan pengusaha dilakukan pelayanan informasi pasar kerja melalui bursa kerja khusus di lembaga pendidikan.

            “Hendaknya bursa kerja khusus ini dapat dimanfaatkan oleh para alumni sekolah dengan sebaik-baiknya dan bisa ditingkatkan ke semua sektor pemerintahan”, ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri dengan peresmian secara resmi Pelayanan Informasi Pasar Kerja Melalui Bursa Kerja Khusus Secara Online di SMK Negeri 5 Banjarmasin oleh Walikota Banjarmasin.