Penetapan Tanggal 10 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia didasarkan pada Tanggal 10 Agustus 1949 terjadi gencatan senjata. Sebagai bentuk penghargaan kepada para veteran, Pemerintah Republik Indonesia memberi Anugerah Veteran Republik Indonesia, yang dikuatkan dengan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2012.

            Ada empat kategori veteran yaitu Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, Veteran Pembela, Veteran Anumerta dan Veteran Perdamaian.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pejuang yang telah memberikan pengorbanan tak ternilai harganya ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta kepada para teladan yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam meraih predikat teladan.

            “Mari kita gunakan momentum ini untuk saling bertukar pikiran untuk melahirkan solusi dan alternatif yang terbaik, khususnya dalam penyelenggaraan pembangunan di Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri dengan pemberian tali asih dari Pemerintah Kota Banjarmasin kepada 38 Orang Veteran Angkatan 45 dan Pemberian Penghargaan kepada warga teladan Pemenang Olimpiade Bidang Olahraga dan Akademik serta Pemberian Penghargaan kepada Sekolah dalam menyukseskan program Go Green School.

Pada hari yang sama sebelum melaksanakan ramah tamah, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengikuti Upacara Taptu di Mapolda Kalimantan Selatan.

            Upacara Taptu yang dipimpin oleh Kapolda Kalimantan Selatan Brigjend. Pol. Erwin Triwanto, SH ini, juga dihadiri oleh yang mewakili Danrem 101 Antasari, Danlanal Banjarmasin Letkol Laut (P) Oky I.Z. Dipura, Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf. Erwin, Kepala Kejaksaan Negeri Banjarmasin Hutama Wisnu, SH, MH, Kapolresta Banjarmasin Kombes. Pol Wahyono, dan GM. PT. Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana.

            Upacara Taptu diakhiri dengan pawai obor yang diiringi oleh berbagai elemen organisasi, FKPD Provinsi Kalimantan Selatan dan Instansi Vertikal.