Hadir pada acara ini Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin selaku Bunda PAUD Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj. Siti Fatimah, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Kota Banjarmasin Iwan Fitriady, SH, MH, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Mira, yang mewakili Bank Kalsel Cabang Utama Yuli Harmini, Ketua Himpaudi Kota Banjarmasin Drs. Slamet Widodo, M.Pd, Ketua IGTKI Kota Banjarmasin Hj. Nurul Waqiah, S.Pd, MA, Ketua BPTKI Kota Banjarmasin Fatridewi, S.Pd, MM, Pimpinan SMART FM Ellyda Jumiati, Pimpinan Banjar TV H. Kamarul Hidayat, Pimpinan Duta TV Fajar Muttaqien, SH, Direktur Bank Sampah Induk Banjarmasin Drs. Fathurrahman, Med.Kom, PAUD Kecamatan dan Kelurahan, dan siswa-siswi se Kota Banjarmasin.

            Pengenalan dan Pelestarian Budaya Banjar Untuk Anak Usia Dini berupa kegiatan lomba-lomba seperti Parade Pakaian Daerah (dinilai oleh Bunda PAUD), Mewarnai tema Sasirangan, Pantun Bahasa Banjar, Fashion Show Sasirangan dan penampilan tarian-tarian daerah.

            Pada kesempatan ini juga dikukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan dan Penandatanganan Memorandum of Understanding dengan delapan instansi/organisasi terkait.

            Dalam sambutan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kota Banjarmasin yang memprakarsai dan melaksanakan kegiatan ini sebagai wujud apresiasi pada dunia pendidikan, khususnya untuk pengembangan intelektualitas dan kreativitas anak yang berkarakter melalui ajang lomba.

            “Semoga melalui kegiatan lomba ini akan melahirkan dan membentuk generasi anak yang berkualitas, yang tidak hanya verdas, namun juga memiliki kreativitas dalam emngembangkan potensi diri,” ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri dengan ucapan “Bismillahirrahmanirrahim” kegiatan Pengenalan dan Pelestarian Budaya Banjar Untuk Anak Usia Dini, secara resmi dibuka.

           

            Penandatanganan MoU antara TP PKK Kota Banjarmasin dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Banjarmasin selaku Bunda PAUD Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, dengan Instansi/Organisasi terkait yaitu :

1. Pimpinan Bank Kalsel Cabang Utama oleh/diwakili Yuli Harmini.

2. Ketua Himpaudi Kota Banjarmasin oleh/diwakili Drs. Slamet Widodo, M.Pd.

3. Ketua IGTKI Kota Banjarmasin oleh/diwakili Hj. Nurul Waqiah, S.Pd, MA.

4. Ketua BPTKI Kota Banjarmasin oleh/diwakili Fatridewi, S.Pd, MM.

5. Pimpinan SMART FM oleh/diwakili Ellyda Jumiati.

6. Pimpinan Banjar TV oleh/diwakili H. Kamarul Hidayat,

7. Pimpinan Duta TV oleh/diwakili Fajar Muttaqien, SH

8. Direktur Bank Sampah Induk Banjarmasin Drs. Fathurrahman, Med.Kom.

            Kerjasama TP PKK Kota Banjarmasin dengan Media Massa berupa Program Siaran untuk Pendidikan Keluarga, yaitu :

a. Duta TV, nama program : Inspirasi Keluarga

b.SMART FM, nama program : Perempuan Indonesia.

c. Banjar TV, nama program : PKK (Perempuan Kunci Keluarga).

            Hadiah untuk para pemenang lomba-lomba pada kegiatan Pengenalan dan Pelestarian Budaya Banjar Untuk Anak Usia Dini dari Bunda PAUD, uang pembinaan dari Walikota Banjarmasin, dan Tabungan dan bingkisan dari Bank Kalsel.

            Pada kegiatan ini Juara Umum untuk lomba-lomba pada kegiatan Pengenalan dan Pelestarian Budaya Banjar Untuk Anak Usia Dini diraih oleh Kecamatan Banjarmasin Utara.