Turut hadir pada acara ini Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Drs. Murlan, M.Pd, yang mewakili Kementerian Pendidikan RI, yang mewakili Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Ir. Doyo Pudjadi, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Drs. Hamdi, Dirpolair Polda Kalimantan Selatan, Danramil Banjarmasin Timur, SKPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin, Camat dan Lurah se Kota Banjarmasin serta Kepala Sekolah SDN Kebun Bunga 5 dan jajarannya.

            Gerakan Literasi Sekolah merupakan Implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Gerakan ini bertujuan untuk menjadikan sekolah-sekolah memiliki budaya membaca setara dengan sekolah-sekolah di negara-negara maju lainnya. Dan untuk menjadikan sekolah memiliki komunitas yang memiliki budaya membaca tinggi.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin atas terlaksananya kegiatan ini sebagai wujud peningkatan kualitas guru di Kota Banjarmasin.

            “Pemerintah Kota Banjarmasin menjadi bagian dalam pendidikan karakter bangsa ikut ambil bagian dalam gerakan ini, bersama-sama dengan masyarakat menciptakan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berorientasi pada penumbuhan budi pekerti,” ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”, Pencanangan Gerakan Literasi Sekolah secara resmi di canangkan oleh Walikota Banjarmasin.

            Pada kesempatan ini Walikota Banjarmasin Ibnu Sina melantik Duta Kebersihan Sekolah (DKS). Kemudian Walikota Banjarmasin menerima buku dari siswi-siswi SDIT Ukhuwah.

            Dilanjutkan pelepasliaran bibit ikan oleh Walikota Banjarmasin didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dan SKPD terkait.

            Kegiatan diakhiri dengan peresmian Bank Sampah SDN Inti Kebun Bunga 5 (Program Pembinaan Sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri) oleh Walikota Banjarmasin didampingi Dirpolair Polda Kalimantan Selatan dan SKPD terkait.