Gebyar PAUD merupakan Apresiasi Bunda PAUD dan Gugus PAUD Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016 dan dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional sekaligus Pencanangan Kabupaten/Kota Layak Anak Provinsi Kalimantan Selatan ini mengusung Tema “Akhiri Kekerasan Terhadap Anak”.

            Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengingatkan akan pentingnya memenuhi hak anak sebagai sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan. Dengan diwujudkan Layak Anak di Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan akan diikuti oleh Provinsi lain maka Indonesia layak anak dapat terwujud.

            Kota Layak Anak (KLA) memiliki 31 indikator yang terbagi dalam lima klaster, diantaranya Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan seperti tidak ada anak menikah di bawah usia 18 tahun, konseling anak di Kalimantan Selatan lebih ditingkatkan, semua anak anak harus sehat dan tidak ada anak yang kurang gizi dan terhindar dari narkoba dan asap rokok. Pendidikan seperti anak wajib lulus SMA sebagai program wajib belajar 12 tahun. Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Seni Budaya. Dan Perlindungan Khusus diberikan secara bertahap yang mengalami korban kekerasan.

            Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menyampaikan bahwa Pencanangan Layak Anak akan dilakukan di setiap Kabupaten/Kota. Anak adalah harapan masa depan, dan kita harus memberikan arti kepada mereka, kita akan memenuhi harapan anak Indonesia terutama anak-anak di Kalimantan Selatan. Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan anak, diperlukan sinergitas antara pemangku kepentingan.

            “Kita harus membahagiakan anak-anak dengan meningkatkan kualitas SDM-nya ditengah persaingan global sekarang ini. Mari kita jaga anak-anak kita, minimal mereka harus lulus SMA”, ujar H. Sahbirin Noor.

            Selepas Pencanangan dibuat komitmen pernyataan dukungan berupa Penandatangan Komitmen Bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Bupati/Walikota Se Kalimantan Selatan dan Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan untuk Mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak di Kalimantan Selatan.

Wakil Walikota, Hermansyah, beserta 12 kepala daerah kota/kabupaten se-Kalimatan Selatan lainnya, menandatangani komitmen kebersamaan tersebut.

            Di hari yang sama Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin menyelenggarakan Sosialisasi Pasar Sehat di Gedung Pramuka Kota Banjarmasin, Rabu 27 April 2016.

            Hadir pada acara ini Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Drs. H. Hermansyah, MM, yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Nina Sandra, SKM, Ketua Forum Kerja Kota Sehat Banjarmasin Drs. Fathurrahman, yang mewakili Balai POM Drs. Fajar Wahyudi, Apt, dan peserta sosialisasi.

            Pasar Sehat dilaksanakan atas kerjasama lintas SKPD, antara lain dengan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin, Dinas Kebersihan Kota Banjarmasin, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Dinas Sumber daya Air dan Drainase Kota Banjarmasin, PD PAL Kota Banjarmasin, serta Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

            Kegiatan ini merupakan bagian dari Revitalisasi dan Perbaikan Pasar Rakyat di Kota Banjarmasin dan merupakan Program Nasional, di mana Kota Banjarmasin termasuk dari 16 Daerah di Indonesia yang terpilih menjalankan program ini.

            Dalam sambutannya Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyampaikan apresiasi terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka memberikan informasi kepada para pelaku yang terlibat dalam pelaksanaan Pasar Sehat di masing-masing pasar yang ditunjuk sebagai pasar percontohan di Kota Banjarmasin serta untuk memberdayakan komunitas pasar, agar bereran aktif menciptakan pasar yang kondusif, bersih dan sehat.

            Sambutan di akhiri dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim” Sosialisasi Pasar Sehat secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Banjarmasin.

            Peserta sosialisasi adalah pedagang dari perwakilan pasar yang ada di Kota Banjarmasin.

            Narasumber Sosialisasi Pasar Sehat adalah : Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Nina Sandra, SKM, dengan materi Kebijakan Pemerintah Mendukung Pasar Sehat, Forum Kerja Kota Sehat Banjarmasin Drs. Fathurrahman dengan materi Sinergitas Pasar Sehat Dengan Program Kota Sehat, dan Balai POM Drs. Fajar Wahyudi, Apt dengan materi Komoditas Yang Sehat Untuk Masyarakat Yang Sehat.