Pertandingan Basket Antar Pelajar Tingkat SLTA Se Kota Banjarmasin Tahun 2016 dilaksanakan Tanggal 31 Agustus 2016 s/d 4 September 2016. Dan diikuti peserta, diantaranya dari SMA Kana’an, SMAN 1, SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 5.

            Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Gazi Akhmadi, M.AP, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan satu bentuk perhatian dan kepedulian terhadap perkembangan olahraga di Kota Banjarmasin, khususnya dalam bidang olahraga basket. Melalui pertandingan bola basket ini merupakan wadah untuk mengembangkan bakat atau kegemaran bagi pelajar SLTA.

            Melalui pertandingan ini lebih mempererat tali persaudaraan, persatuan dan kesatuan antar tim basket SLTA di Kota Banjarmasin, dapat meningkatkan prestasi, menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat sportivitas yang tinggi di kalangan atlit bola basket serta untuk mempererat kekeluargaan diantara kita.

            “Dengan kejuaraan bola basket SLTA ini dapat melahirkan pebola basket yang handal dan berprestasi, sehingga pada gilirannya dapat mengangkat nama daerah dengan prestasinya”, ujar Ibnu Sina.

            Pembukaan secara resmi Pertandingan Basket Antar Pelajar Tingkat SLTA Se Kota Banjarmasin Tahun 2016 ditandai dengan pelemparan pertama bola ke dalam ring basket oleh Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Gazi Akhmadi, M.AP.