Lagi, KKB, KB Dibentuk

Diskominfotik Banjarmasin
image1

BANJARMASIN – Setelah kawasan Kelurahan Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, kini giliran Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin barat yang masuk dalam program Kampung KB, Kampung Baiman (KKB, KB). Ada dua RT dan satu RW yang diresmikan sebagai Kampung KB, Kampung Baiman yakni RT 09, RT 11 dan RW 001. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Jumat (05/04).

“Kampung KB Kampung Baiman ini adalah model keterpaduan pembangunan. Aslinya memang Kampung KB ini untuk pelayanan KB, tetapi di Kota Banjarmasin ada modifikasi dan inovasi menjadi Kampung Baiman, ini dilakukan agar ada keterpaduan program, minimal dari lima SKPD,” ujarnya, saat memberikan arahannya. Kegiatan yang dihadiri para kepala SKPD dan ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah itu rangkai juga dengan penyerahan bibit tanaman toga dan lombok, serta penyerahan bakul purun kepada warga. Kampung KB, Kampung Baiman ini dibentuk untuk menghapus kekumuhan yang ada di sebuah kawasan. Dengan keterpaduan bersama program Baiman, ke depannya tidak hanya program KB saja yang unggul, tetapi beberapa program seperti kesehatan, pendidikan dan adminitrasi kependudukannya juga akan diperbaiki. “Kalau sudah masuk kategori kawasan kumuh berarti tinggal menurunkan program, sehingga bukan hanya fisiknya saja yang lebih bagus, tetapi juga tentang pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.
Selain program kesehatan, pendidikan dan administrasi kependudukan, H Ibnu Sina juga menginginkan di Kampung KB, Kampung Baiman ada pengembangan program dari sektor pariwisata dan sektor wira usaha baru. “Kalau di kampung ini ada potensi pariwisata bisa ditonjolkan, misalkan disini ibu-ibu yang mempunyai keterampilan dalam membuat suvenirr asli buatan Belitung Selatan bisa dihidupkan, apalagi ikut program wira usaha baru Pemko Banjarmasin,” pungkasnya.
Pencanangan Program Kampung KB, Kampung Baiman telah dilakukan Pemko Banjarmasin sejak tahun 2016 lalu. Hingga saat ini, tercatat sudah 13 buah kawasan di lima kecamatan yang ada di kota berjuluk seribu sungai dibentuk menjadi Kampung KB, Kampung Baiman.(humpro-bjm)















video profile

Pengumuman

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 91%
Baik 5%
Cukup 3%
Kurang 1%